Skip to main content

Topic outline

  • Gambar Teknik Elektronika

    Pada matakuliah gambar teknik elektronika akan memuat materi yang antaralain sebagai berikut:

    1. Pengenalan dan Instal Software ISIS Proteus

    2. Simulasi  Basic Komponen Elektronika dan Pengukuran Besaran Listrik

    3. Design Schematic Menggunakan ISIS Proteus

    4. Design Board Menggunakan ISIS Proteus

    5. Forum Group Discussion dan Review Tugas

    6. Pengenalan dan Instal Software Eagle

    7. Design Library Eagle

    8. Design Schematic Menggunakan Eagle

    9. Design Board Menggunakan Eagle

    10. Forum Group Discussion dan Review Tugas


    Capaian dalam course ini adalah peserta mampu menggunakan design software proteus dan eagle untuk membuat design untuk keperluan pembuatan sistem minimum

    Open Gambar Teknik Elektronika
    • Pages: 10
    • Assignments: 8
    • Files: 2
  • Teknologi RFID

    • Pages: 4
    • Assignments: 2
    • URL: 1
  • Programmable Logic Controller (PLC)

    Restricted Available until end of 29 June 2023

    Programmable Logic Controller (PLC) terus berkembang saat teknologi baru ditambahkan ke dalam perangkat untuk meningkatkan kemampuannya. Karena teknologi PLC telah maju, begitu pula bahasa pemrograman dan kemampuan komunikasi. PLC saat ini menawarkan waktu pemindaian yang lebih cepat, sistem input/output kapasitas tinggi yang hemat ruang, dan antarmuka khusus untuk memungkinkan perangkat nontradisional dipasang langsung ke PLC.

    Sumber informasi utama untuk PLC tertentu selalu disertai dengan panduan pengguna yang disediakan oleh pabrikan. Materi ini tidak dimaksudkan untuk menggantikan bahan referensi vendor, melainkan untuk melengkapi, memperjelas, dan memperluas informasi. Prinsip dan konsep dasar PLC yang tercakup dalam materi adalah umum bagi sebagian besar pabrikan. Mereka berfungsi untuk memaksimalkan informasi yang diperoleh melalui pelatihan di tempat kerja dan program yang ditawarkan oleh vendor yang berbeda.

    Materi ditulis dengan gaya bahasa yang mudah dibaca yang dirancang untuk mahasiswa/mahasiswi yang sudah atau belum memiliki pengalaman PLC sebelumnya. Misalnya, ketika operasi suatu program dipanggil, Bulleted list digunakan untuk meringkas pelaksanaannya. Daftar bertanda menggantikan paragraf yang panjang dan sangat membantu saat membahas langkah-langkah berbeda yang terkait dengan eksekusi suatu program.

    Open Programmable Logic Controller (PLC)