Skip to main content

3. Design Schematic Menggunakan ISIS Proteus

Design Schematic Menggunakan Proteus

1.      Pembuatan design schematic adalah proses penyususnan komponen listrik yang berbentuk symbol komponen menjadi suatu rangkaian elektronika. Bagian ini sangat menentukan keberhasilan dalam mendesign sebuah sistem minimum. Pada pembuatan schematic dalam perancangan sistem minimum terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antaralain sebagai berikut

a.       Penggunaan jenis dan ukuran komponen. Jenis disini berkaitan dengan jenis komponen SMD atau komponen DIP. Ukuran komponen akan menentukan pada saar proses manufacturing PCB.

b.      Besaran nilai dari setiap komponen yang akan digunakan. Dalam perancangan hendaknya nilai komponen harus sesuai dengan kebutuhan beban yang akan disuppy dengan sismin yang kita buat.

c.       Pengelamatan jalur yang jelas. Hal ini akan menunjang pada pengerjaan schematic yang dilakukan oleh lebih dari saru orang.

d.      Jika terdapat komponen yang tidak ada pada library, maka dianjurkan untuk membuat library sendiri atau download library yang telah disediakan perusahan pembuat komponen.

2.      Tutorial pembuatan schematic dapat dilihat pada video berikut.

Link: https://drive.google.com/file/d/1PZtNK4ujVB1zsRDAsyTeWXgY_l68uo9-/view?usp=share_link

 


Last modified: Thursday, 9 February 2023, 4:35 PM