Skip to main content

4. Design Board Menggunakan ISIS Proteus

Design Board Menggunakan Proteus

1.      Pembuatan design board adalah proses penyambungan antar kaki komponen dengan menggunakan lebar jalur sesuai kebutuhan. Pada umumnya jalur power memiliki ukuran yang lebih besar juka dibandingkan dengan jalur data. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari putusnya jalur akibat arus yang terlampau tinggi. Pada penyusunan komponen diperhatikan jarak dan posisi komponen. Susunlah komponen sedemikian rupa hingga terbentuk design yang compact. Pada pembuatan board dalam perancangan sistem minimum terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan antaralain sebagai berikut

    • Penggunaan jenis dan ukuran komponen. Jenis disini berkaitan dengan jenis komponen SMD atau komponen DIP. Ukuran komponen akan menentukan pada saar proses manufacturing PCB.
    • Besaran nilai dari setiap komponen yang akan digunakan. Dalam perancangan hendaknya nilai komponen harus sesuai dengan kebutuhan beban yang akan disuppy dengan sismin yang kita buat.
    • Lebar jalur yang dibuat disesuaikan dengan seberapa besar arus yang akan dilewatkan.
    • Jika sudah tidak terdapat jalur maka lakukanlah proses jumper pada perancangan design board single layer, namun perlu diingat ketika membuat design board usahakan untuk tidak ada jumper. Hal ini akan mempercepat proses manufaktur PCB ketika membuat dalam skala besar.

2.      Tutorial pembuatan board dapat dilihat pada video berikut

Link: https://drive.google.com/file/d/1_s9HwU_7c-RCMjy0-uBulr6FaUgI2jLD/view?usp=share_link

 


Last modified: Thursday, 9 February 2023, 4:35 PM