Skip to main content

Bab 6 : Pengaplikasian Aktuator

BAB 3 Pengaplikasian

Aktuator

 

A.    Aktuator Elektrik

1.     Solenoid Linier

Pengaplikasiaannya pada alat-alat yang membutuhkan gerakan “Tutup” dan “Buka” atau “Keluar” dan “Masuk” seperti pada pintu irigasi, kontrol katup pneumatik atau hidrolik, kunci pintu berbasis elektronik, robotika dan lainnya.

 

2.    Solenoid Rotary

Pengaplikasian solenoid linier dalam kehidupan sehari-hari diantaranya pada bel listrik, relay, katrol listrik, detektor logam, kunci pintu elektronik.

 

B.    Aktuator Mekanik

1.    Motor Stepper

Motor stepper biasanya digunakan pada berbagai bidang, diantaranya

a.      Mesin produksi otomatis di perusahaan perusahaan manufactur

b.      Kamera otomatis untuk fungsi Zoom dan fokus

c.      Security untuk pengamanan dan pengawasan produk

d.      Keperluan medis seperti fotografi gigi digital, respirator dan mesin analisis darah

 

2.   Motor DC

Aplikasi Motor DC dalam kehidupan sehari hari diantaranya untuk traksi listrik, Electric footing,  Derek/crane, Lift, Air compressor, Mesin bubut, Alat bor, Lift, Kipas angin, Penyapu kaca mobil, Mesin cuci, Mesin Stamping, Kompresor, dll.

 

3.   Motor Brushless

Motor DC brushless atau motor BLDC merupakan komponen yang sangat penting dalam perangkat elektronik seperti kendaraan Listrik, HVAC, mesin cuci, kompresor, robot industri, hard drive, pemutar CD dan DVD dll.

 

 

Berikut ini adalah beberapa aplikasi BLDC :

a.       Penggunaan industri dalam motor linier dan servo, aktuator robot, motor penggerak ekstruder, penggerak umpan mesin CNC, dll.

b.       Digunakan dalam peralatan rumah tangga seperti kipas angin, pengering, pompa, mesin cuci, blower, dll.

c.        Digunakan dalam industri penerbangan untuk membuat drone kecil dan juga di sektor kesehatan.

 

4.   Motor Servo

Dalam hal umum Motor Servo banyak digunakan dalam aplikasi robotika, otomasi, permesinan CNC, dan bahkan dalam proses pembuatan semikonduktor. Pada bidang aplikasi robotika biasanya motor servo dimanfaatkan sebagai penggerak kaki robot. Motor servo dipilih sebagai penggerak pada kaki robot karena motor servo memiliki tenaga atau torsi yang besar, sehingga dapat menggerakan kaki robot dengan beban yang cukup berat.

 

5.   Motor AC

Motor AC sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari baik di industri maupun rumah tangga.  Penggunaan motor AC pada peralatan rumah tangga diantaranya kipas angin, lemari es, pompa air, mesin cuci, dll.

 

C.    Aktuator Pneumatik

Penggunaan aktuator pneumatik banyak digunakan dalam berbagai bidang diantaranya  untuk peralatan olaraga, organ pipa, senapan angin, kompresor udara, pompa vakum, rem udara, silinder pneumatik, dll.

 

D.    Aktuator Hidrolik

Aktuator hidrolik banyak digunakan dalam peralatan yang sering kita lihat sehari-hari diantaranya Dongkrak hidrolik, Car Lifter, Car Lifter, Lengan Excavator, dan Mesin Press Hidrolik.

 


Last modified: Monday, 20 March 2023, 11:01 AM