Skip to main content

Instalasi Arduino, FTDI dan CH340 driver ke komputer

Pengenalan Microcontroller

 

Mikrokontroler adalah sebuah komputer kecil (”special purpose computers”) di dalam satu IC yang berisi CPU, memori, timer, saluran komunikasi serial dan paralel, Port input/output, ADC. Mikrokontroller digunakan untuk suatu tugas dan menjalankan suatu program


Mikrokontroller ini adalah ilmu terapan yang pengaplikasiaannya dapat kita temui di kehidupan sehari-hari seperti jam digital, televisi, sistem keamanan rumah, dll. Mikrokontroller juga sangat banyak digunakan dalam penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh peneliti, dosen, guru, bahkan sekarang banyak mahasiswa yang mengangkat judul tesis/sekripsi/tugas akhir dengan berbasiskan mikrokontroller. 

Mikrokontroller adalah komponen yang sangat umum dalam sistem elektronika modern. Penggunaannya sangat luas, dalam kehidupan kita seharihari baik dirumah, kantor, rumah sakit, bank, sekolah, industri, dll. Mikrokontroller digunakan dalam sejumlah besar sistem elektronika seperti : sistem manajemen mesin mobil, keyboard komputer, alat ukur elektronik ( multimeter digital, synthesizer frekuensi, dan osiloskop ), televisi, radio, telepon digital, mobile phone, microwave oven, printer, scanner, kulkas, pendingin ruangan, CD/DVD player, kamera, mesin cuci, PLC (programmable logic controller ), robot, sistem otomasi, sistem akuisisi data, sitem keamanan, sistem EDC ( Electronic Data Capture ), mesin ATM, modem, router, dll. 

Mikrokontroller dapat kita gunakan untuk berbagai aplikasi misalnya untuk pengendalian, otomasi industri, akuisisi data, telekomunikasi, dan lain-lain. Keuntungan menggunakan mikrokontroller yaitu harganya murah, dapat diprogram berulang kali, dan dapat kita program sesuai dengan keinginan kita. Saat ini keluarga mikrokontroller yang ada dipasaran yaitu intel 8048 dan 8051 ( MCS51 ), Motorola 68HC11, microchip PI,hitachi H8, dan atmel AVR.

 

Arduino

Penjelasan

Arduino merupakan jenis microcontroller yang menggunakan bahasa pemrograman C++, Arduino memiliki banya seri, diantaranya seri Nano, UNO, Mega, Yun, Micro, Pro Mini dan lain sebagainya. Jenis board Arduino tersebut pada umumnya dibedakan atas besarnya memori penyimpanan, jumlah pin input/output, layanan yang ditanamkan di dalam Arduino dan lain sebagainya. Anda tinggal menyesuaikan jenis Arduino yang sesuai dengan kebutuhan projek yang akan dibangun. Rincian spesifikasi setiap jenis Arduino dapat ditemukan di website https://www.Arduino.cc/en/Main/Products. 


Penjelasan singkat board Arduino UNO pada gambar 1.1 adalah sebagai berikut: 

• Jack Power adalah sumber tegangan DC sebesar 5-12 volt yang berasal dari power supply eksternal (adaptor). 

• Jack USB berfungsi sebagai sumber tegangan sekaligus sebagai penghubung komunikasi data antara Arduino dan komputer ketika dilakukan writefile program dari IDE Arduino. 

• Pin 0 sampai pin 13 bisa bertindak sebagai pin digital input atau pin digital output, tergantung dari penugasan program terhadap pin bersangkutan. 

• Khusus pin 0 (pin RX) dan pin 1 (pin TX) digunakan sebagai interface UART secara hardware. Anda dapat menggunakan selain pin 0 dan pin 1 sebagai interface UART dengan memanfaatkan software serial yang akan dijelaskan lebih lanjut di bagian lain. 

• Pin GND adalah pin yang dihubungkan dengan ground power supply. 

• Pin A0 sampai A5 adalah pin analog input yang memiliki rentang nilai 0 sampai 1023. Salah satu contoh antarmuka signal analog adalah potensiometer dan sensor suhu. 

• Pin A4 (SDA) dan pin A5 (SCL) adalah pin input analog, juga bisa berfungsi sebagai pin interface I2C. Beberapa modul yang memanfaatkan I2C misalnya modul RTC, OLED dan lain-lain. 

• Pin VIN 5V adalah pin tegangan masukkan 5 volt dari eksternal bila Arduino tidak disuplai dari USB maupun jack power.

• Pin 5V adalah pin penyedia tegangan 5 volt ke modul lain jika diperlukan. 

• Pin 3.3V adalah pin penyedia tegangan 3.3 volt ke modul lain jika diperlukan. Beberapa modul yang berkerja pada tegangaan 3.3V antara lain modul Real Time Clock (RTC) atau wifi ESP8266.

 

Cara Instal Software

1. Download software pada link berikut : https://www.arduino.cc/en/software


 

2. Persetujuan instalasi, kemudian klik I Agree


 

3. Selanjutnya muncul menu pilihan instalasi, centang semua menu, kemudian klik Next>


 

4. Kemudian pilih lokasi folder, lalu klik Instal


 

5. Tunggu proses Installing


 

6. Instal USB Driver, klik Instal


 

7. Proses Instalasi selesai, klik Close


 

8. Buka software Arduino dan software Arduino siap diprogram


 

9. Lembar kerja untuk membuat program


 

 

FTDI


 

 

 

 

Cara Instal

Tutorial instal FTDI

https://youtu.be/l1szcLTQJBI



1. Download software pada link berikut : https://ftdichip.com/drivers/d2xx-drivers/


2. Instal Driver, klik Extrac, kemudian klik Next



3. Centang "I Accept this agreement", kemudian klik Next


4. Tunggu proses instalasi selesai, dan klik Finish



 

 


CH340


 

 

Cara Instal

Tutorial Instal CH340

https://youtu.be/B2Q_HuP4f2A



1. Download software pada link berikut : https://www.dropbox.com/s/q0u00s6yd4bhw8w/USB%20Driver%20CH340G.rar?dl=0


2. Unduh file tersebut, lalu extrac file


3. Double click Setup kemudian klik Instal


4. Jika berhasil, muncul tampilan berikut


4. Setelah instal selesai, buka Device Manager untuk periksa Driver CH340



Last modified: Friday, 10 February 2023, 9:32 AM