Skip to main content

Visual Management

Visual Management

  • Visual Management 

Proses manufaktur yang berkembang dari zaman ke zaman dan perkembangannya dipengaruhi oleh sikap terhadap manajemen sumber daya. Tujuan dari proses manufaktur adalah bagaimana keuntungan maksimum atau maksimal dengan investasi modal yang minimum secara umum telah menjadi tujuan dari proses manufaktur atau proses produksi. Oleh karena itu, produsen masa depan harus fokus pada kebutuhan konsumen dan cenderung penciptaan nilai yang efisien dalam proses produksi. Akibatnya, industri dipaksa untuk memiliki siklus inovasi yang lebih pendek dan proses produksi yang kompleks. Pentingnya atau tujuan trend baru ini menjadi sesuatu yang penting dengan munculnya popularitas pada sistem atau proses manufaktur. Tren baru di bidang manufaktur yang mengikat ke dalam transformasi paradigma produksi saat ini dapat diamati pada gambar di bawah. Manufaktur sosial akan menjadi kekuatan pendorong untuk kustomisasi dan personalisasi produk sesuai dengan paradigma dan dalam pelaksanaannya menjadi layanan cerdas bagi customer. 


Untuk dapat beradaptasi dengan paradigma baru ini, sistem manajemen visual baru perlu dimasukkan ke dalam produksi proses. Ini dapat membantu meningkatkan kontrol dan kinerja dalam kompleksitas produksi baru. Sistem semacamnya dapat mencakup, antara lain, kemampuan mengcontrol dan memonitoring secara virtual dan real time dari stock warehouse maupun monitoring dan capture proses produksi secara real time, dimana sistem tersebut dapat menghasilkan penjadwalan produksi secara efisien dan dapat mencapture atau mencatat proses produksi yang lebih efisien. Sistem manajemen visual dapat diimplementasikan dalam lingkungan sistem produksi cerdas (smart production activity)  yang berfokus pada peningkatan efisiensi produksi dan pengurangan biaya. Intinya, sistem ini dapat mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan menggunakan kecerdasan teknik pemrosesan, berdasarkan operasi historis dan proyek masa depan, untuk menghasilkan manajemen sumber daya yang cerdas dalam penjadwalan dan proses produksi. Untuk mencapai sistem ini, diperlukan alat manajemen visual yang unik dan inovasi untuk proses manufaktur. Sistem visual manajemen ini menggabungkan keseluruhan proses manufaktur melihat proses transparansi di seluruh perusahaan. Sistem ini akan berfungsi pada dua tujuan. Pertama, itu akan berfungsi sebagai titik akses ke kolaborasi dan smart system, di mana klien, manajer, atau pabrik lain dapat berbagi sumber daya dan kedua, dapat digunakan untuk meningkatkan teknik manajemen sumber daya melalui penggunaan alat manajemen visual digital. Oleh karena itu, studi tentang metodologi implementasi sistem manajemen visual akan dieksplorasi dalam perusahaan produksi. Sistem manajemen visual ini dapat secara signifikan membantu pertumbuhan sistem dan proses manufaktur. tetapi agar alat atau sistem ini dapat diimplementasikan dengan benar, ruang lingkup pengumpulan data harus mengakomodasi semua kemungkinan aktivitas sistem produksi.

  • Visual Management menurut para Ahli
Visual management Visual Management merupakan suatu pendekatan manajerial yang memanfaatkan satu maupun beberapa informasi yang ada sebagai alat komunikasi mengenai apa yang terjadi, sehingga metode tersebut dapat menjadi sebuah self-explanatory, self-ordering, self-regulating dan self-improving (Galsworth, 1997). Visual Management merupakan suatu sistem manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kinerja sebuah perusahaan. Dengan menggunakan Visual Management dapat terlihat dengan jelas hubungan antara visi dan misi, tujuan dan budaya sebuah organisasi dengan beberapa sistem manajemen, proses kerja, dan elemen-elemen di area kerja, dengan memanfaatkan lima indra utama manusia yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, perasaan dan selera (Liff and Possey, 2004). Penggunaan alat visual di lingkungan kerja meningkatkan transparansi, mempermudah pengerjaan tugas-tugas yang rutin, menjadi alat pelatihan kerja, mempengaruhi perilaku orang, mendorong perbaikan terus menerus, menciptakan rasa tanggungjawab, mendukung manajemen berdasarkan fakta, menghindari kekurangan atau kelebihan informasi, dan menghapus batas-batas yang tidak perlu dalam organisasi (Tezel, et al, 2009).

  • Visual Management Tools

Manajemen Visual adalah sistem manajemen yang mencoba meningkatkan kinerja organisasi dengan cara rangsangan dan rancangan visual. Rangsangan dan rancangan visual ini mengkomunikasikan informasi penting organisasi/perusahaan secara sekilas, membantu menyampaikan informasi yang relevan dan mudah dipahami dalam berbagai konteks. Pendekatan sistem visual manajemen ini bergantung pada informasi yang disajikan atau ditampilkan untuk mencapai transparansi suatu proses. pada tools manual proses manajemen visual telah membentuk bagian dari representasi informasi industri: menunjukkan jadwal, proyek, tata letak, klasifikasi prioritas, dan dekonstruksi pekerjaan. Tetapi untuk mengikuti sistem modernisasi industri, sistem ini sekarang bergerak ke era digital yang semakin meningkat di mana pengumpulan informasi berasal dari berbagai sumber yang heterogen. Oleh karena itu, informasi ini dapat disajikan lebih efektif pada visual digital alat manajemen dengan kecepatan milidetik. 

Contoh alat manajemen visual untuk manajemen sumber daya adalah sistem Haldan MES (Manufacturing Execution System) yang mengumpulkan DataOverall Equipment Effectiveness (OEE) di pabrik untuk menampilkan informasi yang relevan dan valueable. Contoh alat visual dapat diamati pada gambar di bawah ini. Haldan MES (Manufacturing Execution System) awalnya diuji di produsen suku cadang otomotif bernama Hansens Engineering [29]. Selama pengujian fase beberapa perubahan dalam perusahaan diamati. Perubahan ini adalah: 

  1. Lebih sedikit pertemuan yang dibutuhkan antara tingkat manajemen untuk mengkomunikasikan kinerja dan masalah perusahaan secara efektif dalam perusahaan.
  2. Shop floor staff (supervisor produksi) termotivasi melalui tampilan konstan OEE real-time mesin mereka statistik (shop floor awareness)
  3. Masalah dalam struktur perusahaan segera terungkap melalui laporan waktu nyata (real time).
  4. Keputusan strategis dan terinformasi untuk investasi jangka panjang dapat dibuat dengan bantuan: laporan manajemen visual.
  5. Operator mesin dan supervisor dapat dimintai pertanggung jawaban penuh ketika: OEE tidak memenuhi standar.


  • Implementation Framework

  1. Current Automation Pyramid Production IT Architecture

Selama beberapa tahun terakhir, otomasi industri menyaksikan tren di mana komunikasi mesin-ke mesin, pembelajaran mesin, Internet of Things (IoT) dan tingkat dasar kecerdasan buatan diperkenalkan dalam operasi perusahaan. Arsitektur piramida otomatisasi kemudian dikembangkan untuk memenuhi IoT teknologi dan untuk menunjukkan bagaimana tingkat manajemen dapat berinteraksi satu sama lain. dapat dilihat pada gambar dibawah ini memberikan pemecahan piramida otomatisasi dengan tingkat manajemennya yaitu Enterprise Resource Planning (ERP), Manufacturing Execution System (MES), dan tingkat perangkat (device) dab shop floor control. Piramida otomatisasi dan contoh bagaimana data yang dikumpulkan mengalir dengan pemrosesan, menjadi informasi berharga yang mendorong pengambilan keputusan yang lebih baik dan pengelolaan sumber daya dan proses produksi dan sistem manufaktur.


Gambar 3 diatas membandingkan jumlah data yang dikumpulkan oleh setiap tingkat dengan laju reaksi yang dapat dicapai pada proses informasi. Grafik menunjukkan bahwa semakin cepat informasi pada tingkat rendah diproses, semakin cepat respons dapat diimplementasikan untuk penyesuaian perbaikan. Karena hubungan antara tingkat respons dan jumlah informasi yang diproses, hipotesis yang disarankan dapat dibuat bahwa jika manajemen visual yang diterapkan dengan benar maka sistem dapat dicapai, secara signifikan dapat meningkatkan perencanaan dan penjadwalan alokasi sumber daya yang efisien. Sistem manajemen visual dapat secara signifikan membantu pertumbuhan bisnis, tetapi untuk alat atau sistem yang akan diimplementasikan dengan benar, ruang lingkup (lantai produksi) pengumpulan data harus dapat mengakomodasi semua kemungkinan aktivitas dalam sistem produksi.

2. Visual Management System Implementation Framework

Untuk menambah perspektif pada peningkatan arsitektur piramida otomatisasi, contoh informasi pengumpulan, pemrosesan dengan penambahan alat visual akan ditambahkan. Penggunaan alat manajemen visual per tingkat piramida otomatisasi adalah model teladan yang ditampilkan di mana fungsi penjadwalan dan kontrol dapat diimplementasikan dalam elemen sistem yang sesuai. Perangkat pengumpul data ditampilkan, di sebelah kiri Gambar 3, yang tumbuh secara progresif menjadi informasi informatif yang dapat dimasukkan untuk tujuan penjadwalan. di atas sisi kontrol, sisi kanan Gambar 3, informasi diperluas ke sistem manajemen visual yang dapat ditampilkan capture proses (mendeteksi) kegiatan atau proses saat ini dan kegiatan masa depan dan karena itu dapat peningkatan manajemen sumber daya pada proses produksi. Melalui proses analisis, proses pemetaan, pengolahan dan pengkategorian data yang masuk, dihasilkan informasi yang dihasilkan dapat menampilkan KPI manufaktur. Informasi yang dihasilkan kemudian dapat disimpan dalam database untuk membantu proses pengambilan keputusan di masa depan dengan membandingkan aktivitas saat ini dengan aktivitas bersejarah. Menurut Lee etal (2014), alat manajemen visual akan mampu menerima data dan informasi, menghasilkan smart informasi prediktif yang akan membantu transparansi dan produktivitas. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk menentukan kesiapan teknologi dan diimplementasikan menggunakan open source, online software.

  • Contoh Penerapan Solusi Perbaikan Visualisasi dan Abnormalitas





  • Kesimpulan / Result

Tujuan utama dari dashboard adalah untuk menampilkan KPI manufaktur yang penting secara kolektif. Untuk meningkatkan fungsi dasbor, dasbor harus mudah diakses, bereaksi cepat, dan menampilkan KPI dalam tampilan atau visualisasi yang cepat dan mudah dipahami. Freeboard adalah alat yang ampuh dan mencapai elemen-elemen ini dengan mudah. Ini memiliki beberapa metode input dan menggunakan teknik visualisasi yang mudah diprogram untuk mencapai warna-warni dan tampilan yang menarik. Dasbor menampilkan informasi mengenai semua proses produksi pada lantai produksi dan dapat mengcontrol proses produksi secara realtime serta dapat melihat dan mencapture konsumsi daya shop floor production, konsumsi daya mengenai semua mesin di shop floor production dan efisiensi manajemen sumber daya manusia. Eefisiensi dibagi dan direpresentasikan dalam grafik garis yang menunjukkan efisiensi sebelumnya, saat ini, dan target mendatang. Alat visualisasi konsumsi daya terdiri dari pengukur yang membentang hingga jumlah daya maksimum dalam kW. Proyek yang sedang berjalan ditampilkan dengan menunjukkan judulnya, tanggal pengiriman, perkiraan tanggal penyelesaian dan sketsa proyek yang telah selesai. Sebuah pengukur kemajuan yang menunjukkan persentase penyelesaian proyek dapat berubah warna saat tingkat penyelesaian mencapai 100%. Alat penambahan proyek ini digunakan untuk mendemonstrasikan bukti konsep yang merupakan bagian dari kerangka kerja data online menambahkan alat yang dapat merevolusi manajemen sumber daya dalam sistem produksi yang cerdas. Pengumpulan data dan pengolahan dapat memungkinkan perusahaan untuk memiliki tingkat kontrol yang lebih tinggi atas sumber daya produksi mereka. Tingkat yang lebih tinggi ini kontrol manajemen sumber daya dapat memiliki pengaruh positif di seluruh keseluruhan proses sub-urutan dalam perusahaan. Pengaruh waktu, biaya, kualitas, dan pemborosan masing-masing dapat dipengaruhi secara positif melalui penggunaan alat manajemen visual dengan menciptakan lingkungan yang lebih transparan dan informatif. Tujuan masa depan adalah untuk memberikan informasi yang dapat menghubungkan sumber daya manusia yang bertanggung jawab untuk sebuah proyek kemajuan penyelesaian, nama klien, detail kontak, dan tanggal penyelesaian yang diharapkan. Informasi ini kemudian dapat ditautkan ke manajer proyek untuk meningkatkan dokumentasi dan penjadwalan di dalam perusahaan. Keamanan masa depan harus ditingkatkan ke platform yang lebih aman. Kekokohan platform online harus diuji. Itu kolaborasi beberapa aplikasi akan ditambahkan ke penelitian untuk pengumpulan data yang lebih besar dalam produksi proses untuk sistem visualisasi informasi yang lebih rumit dan akurat.