Skip to main content

Day 1- Penyampaian Tujuan Pembelajaran

Day 1- Penyampaian Tujuan Pembelajaran

BAB I PENDAHULUAN

A.   Deskripsi

Design for Manufacturing and Assembly (DFMA) adalah metodologi rekayasa yang berfokus pada pengurangan waktu ke pasar dan total biaya produksi dengan memprioritaskan kemudahan pembuatan suku cadang produk dan perakitan suku cadang yang disederhanakan menjadi produk akhir – semuanya selama fase desain awal dari siklus hidup produk.

Sebelum menjadi filosofi tunggal yang dikenal sebagai hari ini, DFMA dulu dianggap sebagai dua metodologi yang berbeda: Design for Manufacturing (DFM) dan Design for Assembly (DFA). DFM berkaitan dengan pemilihan bahan baku yang hemat biaya dan mencoba untuk meminimalkan kompleksitas operasi manufaktur selama fase desain produk (yang akan menjadi waktu yang paling tidak mengganggu dan mahal untuk mengatasi masalah tersebut) untuk mengurangi waktu dan biaya manufaktur secara keseluruhan untuk komponen produk. Demikian pula, DFA berkaitan dengan mengurangi waktu perakitan, biaya, dan kompleksitas produk dengan meminimalkan jumlah bagian individu, langkah perakitan, dan potensi variabilitas dalam kualitas build.

 

Faktor kunci yang penting untuk dipertimbangkan untuk DFM:

  •    PERENCANAAN

Konsultasikan dengan ahli manufaktur pada desain Anda. Menurunkan biaya produksi tidak pernah lebih mudah daripada pada tahap desain.

  •   BAHAN

Gunakan bahan yang sesuai dengan manufaktur jika memungkinkan, yang menentukan proses dan sarana manufaktur, manajemen material, dan kontrol kualitas.

  •   PROSES

Ketahui proses pembuatannya untuk mengurangi biaya. Misalnya, pencetakan 3D dapat mengaktifkan satu desain bagian monolitik alih-alih membuat beberapa komponen.

  •   STANDAR

Gunakan suku cadang atau komponen standar. Ini akan mengurangi biaya desain baru, sekaligus meningkatkan manajemen inventaris dan waktu-ke-pasar.

  •    DFMA

adalah metodologi rekayasa yang berfokus pada penyederhanaan desain suatu produk untuk meningkatkan kemudahan pembuatan dan efisiensi perakitan.

 

B.   Tujuan Pembelajaran

Pada program SI(Study Independent) khususnya pada materi Design for Manufacture & Assembly (DFMA) ini memiliki beberapa tujuan pembelajaran antara lain sebagai berikut:

a.    Mengerti

Mahasiswa diharapkan mengerti tentang  definisi,fungsi, dan tujuan dari DFMA

b.    Memahami

Mahasiswa diharapkan dapat memahami bagaimana cara membuat suatu desain untuk dimanufaktur

c.   Mampu

Mahasiswa mampu membuat sebuah rancangan komponen baik secara assembly maupun non assembly untuk di manufaktur secara efektif & efisien

d.   Menerapkan

Mahasiswa diharapkan mampu menerapkan semua pembelajaran yang telah didapat ke dalam sebuah pekerjaan dimasa yang akan datang.

 

C.  Capaian Pembelajaran

Capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa antara lain:

a.   Menggambar komponen assembly

Mahasiswa mampu menggambar komponen baik secara Part, Assembly, hingga ke 2D drawing (Technical Drawing) di software 3D mechanical design seperti Solidworks, Autodesk Inventor, Fusion 360 (tergantung dari kenyamanan mahasiswa)

b.   Membuat alur manufaktur sebuah komponen

Mahasiswa mampu menyusun alur proses manufaktur dari sebuah komponen seperti mampu menentukan sebuah material yan digunakan, proses machining yang digunakan dan estimasi biaya yang dibutuhkan untuk membuat suatu komponen tersebut.

 

D.   Teknis pembelajaran

Dalam mengikuti program ini mahasiswa akan memperoleh pembelajaran dengan teknis seperti dibawah ini :

a.    Pembelajaran mandiri

Mahasiswa diberikan sebuah materi pembelajaran yang dapat diunduh di laman web Stechoq Training Center

b.   Diskusi

Mahasiswa dapat melakukan diskusi dengan mahasiswa lain dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh mentor

c.   Fokus Grub Discussion

Akan ada sesi diskusi di minggu kedua dengan mentor untuk mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas

d.   Penerapan Pembelajaran

Penerapan pembelajaran dalam tugas akhir. untuk memberikan pengalaman dalam dunia kerja

 

E.   Persiapan

Mahasiswa diharap mempersiapkan software 3d mechanical design seperti (Solidworks, Autodesk Inventor, Fusion 360)

 


Last modified: Wednesday, 12 April 2023, 1:09 PM