Skip to main content

Day 6 - Design for Environment & Eco Design

BAB II PEMBELAJARAN

D.      Design for Environment & Eco Design

1.       Pengertian

Desain untuk Lingkungan adalah pendekatan desain untuk mengurangi keseluruhan dampak kesehatan manusia dan lingkungan dari suatu produk, proses atau layanan, di mana dampak dipertimbangkan di seluruh siklus hidupnya.

Perangkat lunak yang berbeda telah dikembangkan untuk membantu perancang dalam menemukan produk atau proses / layanan yang optimal. DfE juga merupakan nama asli dari program Environmental Protection Agency (EPA) Amerika Serikat, yang dibuat pada tahun 1992, yang berfungsi untuk mencegah polusi, dan polusi risiko hadir bagi manusia dan lingkungan. Program ini memberikan informasi mengenai formulasi kimia yang lebih aman untuk pembersihan dan produk lainnya. EPA mengganti namanya menjadi program "Pilihan Aman"(Safer Choice) pada tahun 2015.

Menurut Business Dictionary, Design for Environment merupakan Filosofi desain produk yang bertujuan menghasilkan limbah minimum selama siklus hidup cradle-to-grave produk selama produksi, pemasaran, distribusi, penggunaan, dan pembuangan. Desain untuk Lingkungan adalah istilah umum yang menjelaskan teknik yang digunakan untuk menggabungkan komponen lingkungan ke dalam produk dan layanan sebelum memasuki tahap produksi.DFE berusaha untuk menemukan inovasi produk yang akan meminimalisir biaya dan kinerja sekaligus mengurangi polusi dan limbah sepanjang siklus hidup.Berbagai teknik tersedia, dan terbagi dalam dua kategori besar:

    • Teknik yang digunakan untuk mengidentifikasi dampak lingkungan suatu produk sepanjang siklus hidupnya seperti penilaian siklus hidup;
    • Teknik yang membantu desainer memperbaiki kinerja lingkungan dari produk mereka.Alat analisis dapat digunakan untuk mengidentifikasi masalah lingkungan yang luas, namun teknik perbaikan diperlukan untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi.

 

2.       Pengaplikasian DFE

Praktik DFE yang paling umum digunakan meliputi:

    • Desain untuk daur ulang;
    • Desain untuk pembongkaran;
    • Desain untuk efisiensi energi;
    • Desain untuk remanufacture;
    • Desain untuk disposability;
    • Minimisasi bahan berbahaya

Gambar diatas adalah Pengaplikasian Dfe dengan menggunakan Life-Cycle Analysis (LCA) yaitu teknik untuk menilai aspek lingkungan dan potensi dampak yang terkait dengan produk dengan:

    • Menyusun inventarisasi masukan dan keluaran energi dan material yang relevan
    • Mengevaluasi potensi dampak lingkungan
    • Menafsirkan hasilnya untuk membantu membuat keputusan yang lebih tepat tentang desain.

Contoh Perusahaan yang sudah Mengaplikasikan DFE

  • Starbucks Starbucks mengurangi jejak karbonnya dengan membangun lebih banyak toko dan fasilitas hemat energi, menghemat energi dan air, dan membeli kredit energi terbarukan. Starbucks telah meraih sertifikat LEED di 116 toko di 12 negara. Starbucks bahkan telah menciptakan sebuah toko bersertifikat LEED yang portabel di Denver. Ini adalah tujuan Starbucks untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 25% dan untuk menutupi 100% listriknya dengan energi terbarukan pada tahun 2015.
  • Hewlett Packard HP bekerja untuk mengurangi energi yang digunakan di bidang manufaktur, mengembangkan bahan yang ramah lingkungan, dan merancang peralatan yang mudah didaur ulang.
  • IBM Tujuan mereka adalah untuk memperpanjang umur produk di luar produksi saja, dan menggunakan produk yang dapat digunakan kembali dan dapat didaur ulang. Ini berarti bahwa IBM saat ini sedang mengerjakan pembuatan produk yang dapat dengan aman dibuang pada akhir masa pakainya. Mereka juga mengurangi konsumsi energi untuk meminimalkan jejak karbon mereka.
  • Philips Selama hampir 20 tahun sekarang, pembangunan berkelanjutan telah menjadi bagian penting dalam proses pengambilan keputusan dan pembuatan Philips. Tujuan Philips adalah menghasilkan produk dengan tanggung jawab lingkungan mereka. Tidak hanya mereka bekerja untuk mengurangi energi selama proses pembuatannya, Phillips juga berpartisipasi dalam proyek unik, filantropi melalui desain. Sejak tahun 2005, Philips telah bekerja dan mengembangkan filantropi melalui desain. Mereka berkolaborasi dengan organisasi lain untuk menggunakan keahlian dan inovasi mereka untuk membantu masyarakat.
  • Dell Upaya perancangan produk yang didasari oleh kebijakan lingkungan perusahaan Dell mengikuti standar ISO 14001 untuk mengelola program lingkungan sepanjang siklus hidup. Perancang produk menggunakan panduan lingkungan untuk memenuhi peraturan dan standar global, inisiatif sosial lingkungan, dan persyaratan eko-label. Dell fokus pada bahan yang ramah lingkungan, desain yang efisien yang memerlukan lebih sedikit bahan, menanamkan efisiensi energi, dan fokus memaksimalkan kemampuan reusabilitas, perbaikan dan daur ulang.

 

3.       Kenapa DFE itu penting?

Perusahaan yang menerapkan Design for the Environment menemukan bahwa ia memiliki sejumlah keuntungan bisnis:

  • Intinya - memotong biaya bahan baku dan pembuangan limbah
  • Harapan pelanggan - memenuhi kebutuhan / keinginan pengguna dengan melampaui ekspektasi harga, kinerja dan kualitas saat ini
  • Pemasaran lingkungan - banyak pelanggan sekarang menyertakan isu Desain untuk Lingkungan dalam dokumentasi tender dan citra 'lebih hijau' dapat meningkatkan pangsa pasar
  • Peningkatan reputasi - Menunjukkan kinerja lingkungan yang baik dapat meningkatkan posisi perusahaan dengan pemegang saham, investor dan pemangku kepentingan lainnya
  • Perbaikan kesehatan dan keselamatan di tempat kerja - melalui pengurangan limbah dan emisi
  • Peningkatan semangat kerja staf - ada kesadaran yang berkembang di kalangan staf bahwa bisnis memainkan peran penting dalam bekerja menuju pembangunan berkelanjutan. Hal ini dapat memberikan dorongan pribadi yang kuat untuk mengejar Design for the Environment.
  • Efisiensi - Mengoptimalkan konsumsi bahan baku dan penggunaan energi
  • Inovasi - Mendorong desain yang baik dan mendorong inovasi.

 

4.       Manfaat DFE

Hasil akhir dari proses ini seringkali berupa produk yang tidak hanya mempunyai dampak rendah pada lingkungan namun juga mempunyai kualitas yang lebih baik dan menguntungkan dari segi pemasaran.

Proses DfE menyediakan data dan hal-hal penting untuk memasarkan produk yang diinginkan secara lingkungan. Produk ‘green’ dapat nampak di benak konsumen karena juga mereka lebih tahan lama, kualitas lebih tinggi, dan murah pengoperasiannya.

Biaya bagi pihak perakit dapat juga direduksi. Pengurangan jumlah material dan sumberdaya yang digunakan untuk merakit produk dapat mengurangi limbah dan polusi yang diciptakan, dan selanjutnya biaya pembuangan limbah. Pilihan lain bagi penghematan termasuk mengurangi pengemasan, dan mengurangi biaya transportasi dengan mengurangi berat produk atau meningkatkan efisiensi dalam pengemasan atau penyimpanan.

Beberapa negara mulai mengundangkan pihak produsen menarik kembali produk mereka di akhir masa pakai. Ini dikenal sebagai ‘extendend producer responsibility’ (EPR). DfE dapat mengatasi masalah ini, sebagai contoh dengan meningkatkan umur pakai produk, mengurangi biaya pembuangan, membuat lebih mudah diperbaiki, dan meningkatkan kemampu daur-ulangan keseluruhan produk atau beberapa komponennya.

Program-program Design for the Environment (DfE) dapat memberi contoh tipe manajemen lingkungan interaktif yang meruntuhkan atau menghindari Green Wall. Pada dasarnya DfE adalah teknik aktifitas manajemen yang bertujuan untuk mengarahkan aktifitas pengembangan produk dalam rangka menangkap pertimbangan lingkungan eksternal dan internal.

 

5.       Eco Design

Eco Design Adalah pendekatan desain produk dengan pertimbangan khususpada pengaruh lingkungan selama seluruh proses dekomposit atau lingkarankehidupan.ecodesign adalah pertumbuhan tanggung jawab dan pengertianterhadap jejak kaki ekologi di planet bumi. Kesadaran penghijauan, populasi yanglebih, industrialisasi dan pertambahan populasi lingkungan membawa kita padapertanyaan nilai konsumen. Hal ini penting sekali untuk mencari solusipembangunan yang baru dan lingkungan yang bersahabat dan membawa kepadapengurangan konsumsi material dan energy.

Ada tiga hal penting dalam ecodesign dan dipakai sebagai green concept yaitu: (reduce)mengurangi, (reuse)pemakaian kembali dan (rcylce) daur ulang.

 

Paradigma baru desain produk tersebut mengarahkan pemikiran kepada konsepeco-design.Eco-design adalah suatu pendekatan desain produk denganmempertimbangkandampak yang bisa terjadi pada lingkungan dari seluruh daurhidup produk.

 

EcoDesign dalam fokus pasar:

Kredensial lingkungan dari produk "hijau" hanya terwujud ketika mereka berhasil di pasar.

EcoDesign bertujuan untuk memahami semua aspek produk dan penggunanya – bahan yang terlibat, bagaimana mereka digunakan – apa yang terjadi di akhir masa pakainya.

 


Last modified: Wednesday, 26 April 2023, 11:05 AM