Skip to main content

Day 1 - Pendahuluan


PENGANTAR SHEET METAL


1. Pendahuluan  

    Seperti yang kita ketahui, ada banyak jenis produk yang ada di dunia saat ini. Berbagai produk tersebut di produksi dengan berbagai cara dan metode yang berbeda. Sheet metal merupakan lembaran logam yang mana lembaran ini diolah menjadi berbagai produk dengan beberapa metode yang bisa digunakan dalam proses produksinya. banyak sekali produk sheet metal yang ada di sekitar kita di antaranya lemari/loker yang terbuat dari sheet metal, panel box dan sejenisnya. 

1.1  Tujuan Pembelajaran

Pada program SI(Study Independent) khususnya pada materi Sheet Metal  ini memiliki beberapa tujuan pembelajaran antara lain sebagai berikut:

A.  Mengerti

Mahasiswa diharapkan mengerti tentang  definisi,fungsi, dan tujuan  dari sheet metal dan proses produksinya serta pengaplikasiannya

B.  Memahami

Mahasiswa diharapkan dapat memahami cara kerja dari beberapa metode pemrosesan dan penyambungan

C.  Mampu

Mahasiswa diharapkan dapat mengetahui dan memahami cara mendesain produk sheet metal

D.  Menerapkan

Mahasiswa diharapkan mampu membuat desain produk sheet metal beserta gambar tekniknya. 


1.2.  Capaian Pembelajaran

Setelah mengerti beberapa tujuan pembelajaran di atas, selanjutnya adalah capaian pembelajaran yang harus dicapai oleh mahasiswa antara lain:

A.  Mengetahui pemrosesan dan beberapa metode penyambungan dalam sheet metal

Mahasiswa mampu memahami bagaimana pemilihan pemrosesan yang tepat serta metode penyambungan yang tepat untuk suatu produk sheet metal

B.  Membuat desain produk sheet metal 

Mahasiswa mampu membuat desain produk sheet metal menggunakan software CAD.

1.3.  Teknis Pembelajaran

Dalam mengikuti program ini mahasiswa akan memperoleh pembelajaran dengan teknis seperti dibawah ini :

A.  Pembelajaran mandiri

Mahasiswa diberikan sebuah materi pembelajaran yang dapat diunduh di laman web Stechoq Training Center

B.  Diskusi

Mahasiswa dapat melakukan diskusi dengan mahasiswa lain dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh mentor

C. Fokus Grub Discussion

Akan ada sesi diskusi di minggu kedua dengan mentor untuk mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam mengerjakan tugas

D. Penerapan Pembelajaran

Penerapan pembelajaran dalam tugas akhir. untuk memberikan pengalaman dalam dunia kerja


SHEET METAL

Sheet metal atau logam lembaran adalah proses fabrikasi atau pembuatan lembaran metal untuk berbagai keperluan dan kegunaan. Pengertian lain sheet metal lainnya adalah logam yang diolah dan dibentuk melalui proses industri menjadi potongan datar dan tipis (lembaran). Material logam yang dapat diolah menjadi sheet metal diantaranya adalah stainless steel, aluminium, brass (kuningan), bronze (perunggu), copper (tembaga), steel, dan lain-lain.

Ukuran standar sheet metal di pasaran adalah 2400 mm × 1200 mm, dengan variasi ketebalan yang bermacam-macam mulai dari 0,4 mm hingga 6 mm. Untuk ketebalan yang lebih dari 6 mm biasanya disebut plat (plate). Macam-macam pemrosesan sheet metal secara garis besar dibagi menjadi shearing (pemtongan), bending (pembengkokan), dan deep drawing

      Lembaran logam maupun plat yang dihasilkan dalam proses fabrikasi ini kemudian akan dibentuk menjadi produk-produk standar untuk memenuhi kebutuhan perlengkapan kantor, sekolah, rumah sakit, bengkel kerja, alat-alat rumah tangga dan lain sebagainya. Begitupun produk- produk khusus yang dibuat sesuai dengan pesanan. Biasanya perusahaan pemrosesan lembaran metal atau lembaran logam juga menerima order dan mengerjakannya sesuai dengan design dan permintaan si pemesan. 

Produk Sheet Metal dan Aplikasinya di Kehidupan

1. Rumah tangga

Pada rumah tangga banyak sekali peralatan yang berbahan dasar sheet metal, mungkin kita sering menggunakannya namun tidak menyadari bahan baku yang digunakan. Kelebihan perabot rumah tangga berbahan metal adalah kuat, tahan lama dan anti rayap. Contoh perabotan rumah tangga berbahan dasar sheet metal: lemari, drawer, rak sepatu, rak dinding, meja, dll.

Lemari

Gambar 1. Lemari dari hasil proses sheet metal

2. Industri

Produk sheet metal yang paling banyak digunakan adalah di dunia industri. Di industri pengaplikasian sheet metal umumnya digunakan pada body mesin. Sebagian besar body mesin terbuat dari sheet metal, karena selain dapat melindungi bagian dalam mesin, tahan lama, jenis material ini juga jauh lebih ringan.

plat


3. Otomotif 

Barangkali, kita tidak mengetahui bahwa banyak komponen dari mobil yang terbuat dari sheet metal, lho. Komponen mobil yang terbuat dari sheet metal kebanyakan terdapat pada bagian body, seperti pada bagian pintu dan atas mobil.

part

masih banyak sekali produk-produk hasil sheet metal seperti produk peralatan dapur, cover-cover komponen elektrik, oral care dan lainnya. Pada dasarnya sheet metal bisa diaplikasikan untuk berbagai kebutuhan produk dan bisa dibentuk sesuai dengan kebutuhan dan tentunya proses pembuatan harus menyesuaikan dengan pemilihan proses atau metode yang tepat. 


Beberapa proses pembuatan (metode)  untuk membuat sheet metal (lembaran logam): 


1. Bending

2. Deep Drawing

3. Stretching

4. Plane - Strain Stretching


  •    Bending merupakan metode pembentukan untuk logam lembaran. Biasanya dilakukan pada mesin tekuk(bend press) tetapi juga digunakan swingbending-machines.


  •    Deep drawing atau biasa disebut drawing adalah proses pengubahan bentuk logam dari bahan lembaran yang berbentuk lingkaran dengan diameter tertentu yang ditekan pada sebuah cetakan yang juga berbentuk lingkaran dengan kedalaman tertentu.


  •    Stretching merupakan proses pembentukan logam dimana tidak terjadi aliran material. Die (form block) hanya dikenai tegangan kompresi, benda kerja yang diikat dengan grip dan ditarik ke arah horisontal. Die umumnya terbuat atau dapat dibuat dari kayu atau plastik.

  

  •    Stretch forming merupakan proses yang dikembangkan dari aerospace dalam pembuatan penampang yang lebar dari sheet dan ditarik untuk membentuk lengkungan penampang. 


Keunggulan dari Sheet Metal


Sheet metal working merupakan proses pembentukan logam (dalam hal ini merupakan logam tipis) dengan menggunakan gaya tekan guna merubah bentuk serta ukuran dari logam tersebut. Keuntungan dari sheet metal working diantaranya:

1.High strength;

2.Good dimensional accuracy;

3.Good surface finish;

4.Relatively low cost;

5.For large quantities, economical mass. (Abdalla, 2015)





Last modified: Wednesday, 3 May 2023, 11:03 AM