Skip to main content

Day 3 - Sheet Metal On Solidworks & tutorial design

   

Sheet Metal on Solidworks

 Sifat bending sheet metal memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi karena adanya peregangan material yang diakibatkan oleh bending dan forming. Ini unik untuk setiap jenis material, ketebalan material, dan bend angle. Penempatan garis lengkung yang tepat sangat penting untuk mengatasi peregangan material. Untungnya, desain untuk pembengkokan lembaran logam relatif mudah di Solidworks karena fitur desain lembaran logamnya yang mudah digunakan.

Calculating Sheet Metal Parameters

SolidWorks membuat bagian lembaran logam berdasarkan parameter seperti faktor K, radius tikungan, dan ketebalan lembaran logam. Sebelum membuat part di SolidWorks, cara termudah untuk menghitung parameter yang sesuai adalah dengan menggunakan kalkulator bending di website kami. Jika Anda ingin panduan dalam menggunakan kalkulator tekuk, tonton panduan video kami sebelum menyelesaikan sisa tutorial ini.

Contoh ini akan menggunakan kalkulator pembengkokan untuk menemukan parameter yang terkait dengan bagian lembaran logam yang terdiri dari dimensi berikut:

Base Length: 8.125”

Outer Flange Length: 1” (2 flanges, 90 degrees upwards)

Material: 5052 Aluminum (0.063” thickness)

alum

Seperti yang terlihat, kalkulator menentukan penempatan yang tepat dari garis lengkung dan panjang total yang diperlukan dari bagian lembaran logam yang diratakan. Ini unik untuk setiap material type, material thickness, and bend angle. Hasil untuk K-factor, bend radius, dan ketebalan ditunjukkan di bawah ini:

advnc

Perbedaan antara K-factor, Bend Allowance, dan Bend Deduction

Keputusan untuk menggunakan satu perhitungan bending di atas yang lain sering dibuat tanpa pemikiran apa pun dan itu bisa membingungkan. Untuk membuat keputusan yang lebih tepat, pertama-tama mari kita definisikan istilah kita:

K-Factor

K-Factor adalah rasio sumbu netral terhadap ketebalan material.

tabel 

SOLIDWORKS default untuk menghitung flat pattern menggunakan K-Factor. Ini adalah pendekatan konservatif yang sopan yang kemungkinan akan memuaskan sebagian besar kasus penggunaan. Tabel di bagian sebelumnya menunjukkan beberapa contoh bagaimana jenis material dan metode pembuatan dapat mempengaruhi nilai jari-jari bending yang berbeda.

Bend Allowance

Bend Allowance adalah panjang busur dari tikungan yang diukur sepanjang sumbu netral material.

Bend Angle

Bend Allowance is calculated as BA = π / 180 x ‘B<’ (IR + K x MT)


Bend Deduction

Bend Deduction adalah selisih antara jumlah flange lengths (dari tepi ke puncak) dan initial flat leng

Bend Allowance

Saat memilih jenis Bend Allowance, Anda dapat memilih dari K-Factor (metode default), Bend Allowance atau Bend Deduction (nilai yang telah Anda hitung sendiri atau diperoleh data empirisnya), Perhitungan Tikungan, Bend, atau Tabel Gauge.

K factor



  

Solidworks Tutorial: Sheet Metal


Basic Tools on Sheet Metal Solidworks 

  Didalam solidworks  terdapat beberapa fitur salah satunya sheet metal. Pada materi hari ini akan membahas beberapa tools dasar berbeda yang perlu diketahui, dengan harapan penjelasan tools-tools ini akan membantu teman-teman semua dalam memulai eksplore penggunaan fitur sheet metal pada solidworks nanti. 


1. Base Flange/Tab

Base Flange/Tab: Mengambil sketsa dan mengubah geometri yang sama menjadi lembaran logam dengan geometri tertentu.

a

2. Convert to Sheet Metal

Convert to Sheet Metal: Mengambil model yang sudah ada yang dibuat secara tradisional dan mengubahnya menjadi Sheet Metal. Metode ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan kesalahan atau mungkin tidak berfungsi untuk geometri yang diberikan. Bekerja dengan Lembaran Logam sejak awal memastikan model Anda dapat diproduksi.

b

3. Edge Flange

Edge Flange: Membuat flange dari edge yang ada. Anda tidak memerlukan sketsa, Anda hanya perlu memilih tepi dan menunjukkan jarak, dan dalam beberapa kasus, Anda juga dapat menunjukkan sudut.

9

4. Miter Flange

Mitre Flange: Mirip dengan alat Edge Flange, Mitre Flange dapat digunakan untuk flangeyang bertemu di sudut sehingga SolidWorks memperhitungkan sudut dan melakukan pemotongan yang bagus di sana.

c


5. Hem 

Hem: Membuat flensa melengkung, sehingga pada dasarnya dapat berubah dari tiga tikungan menjadi flensa bulat penuh.

11

6. Bend

Bend: Memungkinkan Anda mengambil lembaran logam yang ada dan menekuknya dua kali untuk membuat lekukan ke atas atau ke bawah, berdasarkan sketsa.


7. Sketched Bend

Sketched Bend: Mirip dengan alat Bend, tetapi hanya melakukan satu tekukan.

12

8. Flatten

Flatten: Terletak di sebelah kanan luar bagian Sheet Metal, Flatten mungkin adalah salah satu tools terpenting karena memungkinkan Anda melihat sheet metal yang digunakan untuk mencapai semua tekukan dan gulungan.

13


Solidworks sheet metal tutorial

Here is a quick Solidworks sheet metal tutorial.

The sheet metal tool allows you to quickly create sheet metal part designs using a simple design process, all helping to save time and development costs.

Step 1

First Create a New Part.

14


Step 2

Right-click on the toolbar and activate Sheet Metal

15


Step 3

Click on the top plane and then create a new sketch.

16

Step 4

Now, sketch and use Smart Dimension to give a dimension to the design.

17

Step 5

Click on the Sheet Metal tab,  select Base Flange/Tab and give 1 mm to the sheet metal parameters.

18

Step 6

To bend the sheet metal part, sketch lines on the part as shown in the picture.

19

Step 7

Bend the part by clicking Sketched Bend, or Insert >> Sheet Metal >> Sketched Bend. The part bends following the sketched lines.

20

Step 8

In this step, we are going to extend the edge with Edge Flange. Click on the right edge as it is shown below and extrude it by 30 mm.

21

Step 9

The Hem tool adds a hem to your sheet metal part at a selected edge. In an open sheet metal part and in the graphics area, select an edge as shown.

22

Step 10

Repeat the last step again but this time try a different type of hem.

23

There are specific sheet metal features you can use to create sheet metal bodies quickly. However, in some circumstances when the design requires certain types of geometry, you can use non-sheet metal feature tools, then insert bends or convert the part to sheet metal.




Last modified: Wednesday, 3 May 2023, 2:20 PM