Skip to main content

Gambaran Umum

Seiring dengan meningkatnya perkembangan pada banyak sektor industri, PT STECHOQ ROBOTIKA INDONESIA berkomitmen untuk ikut berkontribusi dalam memajukan percepatan transformasi digital 4.0, khususnya dalam bidang riset dan pengembangan teknologi robotika dan industrial IoT. Untuk mewujudkan komitmen tersebut, dibutuhkan SDM berkualitas yang mampu menunjang dan mengimbangi laju pertumbuhan teknologi yang semakin cepat, khususnya SDM yang kompeten dalam bidang teknis/engineering. Salah satu skill yang banyak dibutuhkan di era ini adalah Artificial Intelligence. Keahlian kecerdasan buatan ini dapat diaplikasikan ke dalam berbagai macam produk yang dibutuhkan hampir di semua sektor industri. Beberapa teknologi digital hasil penerapan riset kecerdasan buatan ini antara lain pengembangan Camera for Quality Control Solution, Digital Monitoring System, Electronic Nose For Manufacturing dan platform-platform sesuai kebutuhan industri terkait. Melihat banyaknya kebutuhan dan permintaan, jumlah dan kapabilitas tenaga ahli di bidang Artificial Intelligence harus terus ditingkatkan sehingga Indonesia 4.0 segera bisa diwujudkan.


Artificial Intelligence sendiri memiliki banyak cabang jobdesk, diantaranya: Machine Learning; Natural Language Processing; Computer Vision; dan lain sebagainya. Masingmasing bersinergi dan saling berkontribusi dalam pengembangan suatu kecerdasan yang dibutuhkan dalam transformasi digital dan industri 4.0. Dalam pelatihan Artificial Intelligence ini, STECHOQ ingin membagikan ilmu dan pengalaman yang dimiliki serta memfasilitasi rekan-rekan mahasiswa yang ingin lebih mendalami bidang kecerdasan buatan, tidak hanya melalui pembelajaran teoritis tetapi juga praktik dalam bentuk riset secara riil untuk kebutuhan dunia industri. Materi akan diberikan dari level dasar menuju level advance, meliputi bagian-bagian terpenting dalam bidang Artificial Intelligence, yaitu Git, Model Deployment, Database, Python and Back-End Development, Python Programming, Kecerdasan Buatan, Machine Learning, Image Classification, dan Akuisisi Data, materi-materi tersebut sangat penting untuk menunjang skill sebagai seorang Artificial Intelligence Developer.

Program Pelatihan Artificial Intelligence in Industry 4.0 for Manufacturing Industry ini akan dilaksanakan dengan sistem 100% daring selama 5 (lima) bulan, melalui platform Training Center PT STECHOQ ROBOTIKA INDONESIA, dengan jumlah peserta sebanyak 75 mahasiswa. Peserta akan diberikan pembelajaran teori selama 4 (empat) bulan, kemudian di 1 (satu) bulan terakhir akan ada proyek akhir berupa pengembangan sistem Quality Control dengan Camera; dan Digital Monitoring System di industri manufaktur. Pelatihan akan dilakukan melalui pembelajaran individu secara mandiri dengan modul yang sudah rancang oleh para mentor dalam sebuah Learning Management System. Di setiap akhir minggunya, mentor akan mengevaluasi hasil pembelajaran mahasiswa untuk memastikan bahwa materi-materi dan tugas-tugas yang telah diberikan dapat dipahami dan dikerjakan dengan baik oleh mahasiswa. Sistem penilaian utamanya akan ditekankan pada hasil pengerjaan quiz, tugas-tugas, laporan, dan penyelesaian proyek akhir. Dengan teknis pembelajaran seperti ini, mahasiswa dituntut untuk melakukan eksplorasi tentang berbagai macam materi yang diberikan dan kedepannya diharapkan mampu untuk mengembangkan Artificial Intelligence untuk berbagai sektor lain secara mandiri dan profesional.

Last modified: Wednesday, 9 August 2023, 3:07 PM