Skip to main content

Day 26 - Visualisasi dan Abnormalitas

Visualisasi dan Abnormalitas 


  • Keadaan Normal adalah : 
Bila turutan proses kerja dapat dilakukan sesuai dengan Standard yang sudah ditetapkan atau sudah sesuai dengan SOP dan Instruksi Kerja

  • Keadaan Abnormal adalah : 

BIila proses kerja tidak mengikuti Standard yang sudah ditetapkan,  karena terdapat masalah seperti part, under cut atau mesin mengeluarkan bunyi yang tidak biasa, part susah dipasang dan sebagainya yang mengakibatkan adanya proses kerja tambahan yang tidak sesuai atau tidak mengikuti SOP dan instruksi kerja.

supply chain concept

normal condition

house

KKondisi Abnormal berkaitan dengan House of Lean dimana kondisi Abnormal berhubungan dengan JIDOKA dan ANDON. Di dalam Lean Production System atau Six Sigma, JIDOKA menjadi salah satu pilar untuk Toyota Production System selain Just-In-Time. 

Operator bertanggung jawab untuk menghentikan (STOP) mesin atau proses bila ada Abnormalities, untuk menghilangkan atau mencegah defect part ke proses berikutnya. Konsep ini akan mengurangkan pengeluaran produk yang terbuang (defect). ia juga berfokus kepada masalah dari ujungnya dan mengambil tindakan pembetulan (corrective) segara untuk mengurangi atau menghilangkan defect.

Konsep JIDOKA juga merupakan konsep dari Built In Quality dimana operator secara langsung memahami dan mengetahui Standard Condition yaitu tahap kualitas produk yang memenuhi standard yang dibuat dan menghentikan proses jika ada keselahan atau defect produk.

Andon merupakan salah satu tools yang digunakan pada saat keadaan Abnormal terjadi, andon berfungsi sebagai alat Visual pada proses kerja yang bermaksud untuk memberitahu maintenance atau pekerja lain bahwa terdapat masalah pada kualitas proses ataupun mesin didalam pembuatan part atau produk. Andon adalah salah satu tools didalam JIDOKA, biasanya seperti lampu signal, siren, ataupun board.

flow maintenace

Last modified: Thursday, 11 August 2022, 1:57 PM