Skip to main content

Toyota Production System

Toyota Production System

Toyata Production System merupakan sebuah sistem produksi berdasarkan filosofi yang diciptakan bertujuan mencapai penghapusan atau peniadaan semua limbah/waste dalam mengejar metode yang paling efisien untuk mencapai sebuah sistem produksi yang ramping. Sistem produksi kendaraan Toyota Motor Corporation adalah cara membuat produk atau sesuatu yang sering disebut sebagai "sistem manufaktur ramping", atau "sistem Just-in-Time (JIT)", dan telah menjadi terkenal dan dipelajari di seluruh dunia.

Sistem kontrol produksi ini didirikan berdasarkan perbaikan terus-menerus selama bertahun-tahun, dengan tujuan membuat kendaraan yang dipesan oleh pelanggan dengan cara tercepat dan paling efisien. Sistem Produksi Toyota (TPS) didirikan berdasarkan dua konsep: "jidoka" (yang dapat diterjemahkan secara bebas sebagai "otomatisasi dengan sentuhan manusia"), seperti ketika terjadi masalah, peralatan segera berhenti, mencegah produk cacat diproduksi. ; dan konsep “Just-in-Time”, di mana setiap proses hanya menghasilkan apa yang dibutuhkan untuk proses selanjutnya dalam aliran yang berkesinambungan.

Berdasarkan filosofi dasar jidoka dan Just-in-Time, TPS dapat secara efisien dan cepat menghasilkan kendaraan dengan kualitas suara, satu per satu, yang sepenuhnya memenuhi kebutuhan pelanggan. Toyota Production System dan pendekatannya terhadap pengurangan biaya adalah sumber kekuatan kompetitif dan keunggulan unik bagi Toyota. Mengasah kekuatan ini secara menyeluruh sangat penting untuk kelangsungan hidup Toyota di masa depan.

Konsep Toyota Production System

Bagi Toyota, jidoka berarti mesin harus berhenti dengan aman setiap kali terjadi abnormality atau keadaan tidak normal pada mesin atau proses. Untuk mencapai jidoka, membutuhkan pembangunan dan peningkatan sistem dengan cara manual sampai mereka dapat diandalkan dan aman. Pertama, insinyur manusia dengan cermat membangun setiap komponen lini baru dengan cara manual untuk memenuhi standar, kemudian, melalui kaizen tambahan (perbaikan berkelanjutan), terus menyederhanakan sistem operasinya, artinya operator mana pun dapat menggunakan jalur tersebut untuk menghasilkan hasil yang sama. Baru kemudian mekanisme jidoka dimasukkan ke dalam line produksi yang sebenarnya. Melalui pengulangan proses ini, mesin menjadi lebih sederhana dan lebih murah, sementara perawatan menjadi lebih sedikit memakan waktu dan lebih murah, memungkinkan pembuatan line yang sederhana, ramping, fleksibel yang dapat beradaptasi dengan fluktuasi volume produksi.

Pekerjaan yang dilakukan dengan cara manual dalam proses ini adalah dasar dari keterampilan teknik. Mesin dan robot tidak berpikir sendiri atau berevolusi sendiri. Sebaliknya, mereka berkembang saat kita mentransfer keterampilan dan keahlian kita kepada mereka. Dengan kata lain, pengerjaan dicapai dengan mempelajari prinsip-prinsip dasar manufaktur melalui pekerjaan manual, kemudian menerapkannya di lantai produksi pabrik untuk terus melakukan perbaikan. Siklus peningkatan keterampilan manusia dan teknologi ini adalah inti dari jidoka Toyota. Memajukan jidoka dengan cara ini membantu memperkuat daya saing manufaktur dan pengembangan sumber daya manusia.

Latar Belakang

Asal Sistem Produksi Toyota Sistem produksi yang disempurnakan dari generasi ke generasi Sistem Produksi Toyota (TPS), yang didasarkan pada filosofi penghapusan total semua pemborosan dalam mengejar metode yang paling efisien, berakar dari mesin tenun otomatis Sakichi Toyoda. TPS telah berkembang melalui bertahun-tahun trial and error untuk meningkatkan efisiensi berdasarkan konsep Just-in-Time yang dikembangkan oleh Kiichiro Toyoda, pendiri (dan presiden kedua) Toyota Motor Corporation.

Pemborosan dapat bermanifestasi sebagai persediaan berlebih, langkah pemrosesan yang tidak relevan, dan produk cacat, di antara contoh lainnya. Semua elemen "limbah" ini saling terkait satu sama lain untuk menghasilkan lebih banyak limbah, yang pada akhirnya berdampak pada pengelolaan korporasi itu sendiri.

Alat tenun otomatis yang ditemukan oleh Sakichi Toyoda tidak hanya melakukan pekerjaan otomatis yang dulunya dilakukan secara manual, tetapi juga membangun kemampuan untuk membuat penilaian ke dalam mesin itu sendiri. Dengan menghilangkan produk cacat dan praktik pemborosan terkait, Sakichi berhasil meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja dengan cepat.

Kiichiro Toyoda, yang mewarisi filosofi ini, mulai mewujudkan keyakinannya bahwa "kondisi ideal untuk membuat sesuatu tercipta ketika mesin, fasilitas, dan manusia bekerja sama untuk menambah nilai tanpa menghasilkan pemborosan." Dia menyusun metodologi dan teknik untuk menghilangkan pemborosan antar operasi, antara lini dan proses. Hasilnya adalah metode Just-in-Time.

Melalui filosofi "Perbaikan Harian" dan "Pemikiran Baik, Produk Bagus, TPS telah berkembang menjadi sistem produksi yang terkenal di dunia. Bahkan saat ini, semua divisi produksi Toyota membuat perbaikan TPS siang dan malam untuk memastikan evolusinya yang berkelanjutan.

Semangat monozukuri (membuat sesuatu) Toyota saat ini disebut sebagai "Toyota Way". Ini telah diadopsi tidak hanya oleh perusahaan di Jepang dan dalam industri otomotif, tetapi dalam kegiatan produksi di seluruh dunia, dan terus berkembang secara global.

Taiichi Ohno, lahir pada tahun 1912, merupakan seorang biasa yang pada awal pekerjaan dilakukan dari berbagai toko machining/ mesin / spare part. Meskipun pekerjaannya biasa namun ia seorang yang bertanggung jawab terhadap proses kerja yang dilakukannya sehingga dengan dasar berbagai macam latar belakang pekerjaannya dia mencoba membuat / menciptakan suatu Konsep Peningkatan produktifitas, efisiensi Proses yang kemudiandiakui secara luas dan banyak disalin Sistem Produksi Toyota. Dan dikarenakan sistem / Konsep yang dia ciptakan ini mengakibatkan Dia pada akhirnya menjadi wakil presiden eksekutif dari Toyota Motor Company. Berkat Sistem ini ManufakturJepang telah memperoleh reputasi untuk berpikir inovatif dan perkembangan, dan sekarang Dunia Barat juga mengikutinya dengan fokus pada kualitas, waktu pengiriman, pengurangan sampah / waste / lost time dan cacat/NG

Toyota Way Production System

Toyota Way merupakan filosofi atau pedoman atau standar atau prinsip manajemen yang diterapkan di perusahaan otomotif kelas dunia yakni Toyota Motor Corporation.

Toyota Way secara singkat dapat di ringkas menjadi dua pilar


Peningkatan berkesinambungan atau continuous improvement yang sering kali di sebut Kaizen adalah pendekatan dasar dengan mempertanyakan segala hal. Yang lebih penting dari sekedar perbaikan nyata yang di lakukan oleh setiap anggota organisasi , Nilai sebenarnya dari continous improvement terletak pada pembentukan suasana belajar yang terus menerus dan suatu lingkungan yang tidak hanya menerima, tetapi benar - benar menyambut perubahan. Lingkungan semacam itu hanya dapat di ciptakan di tempat yang memiliki rasa hormat terhadap orang lain- yang merupakan pilar kedua dari Toyota Way.

Penerapan The Toyota Way 

  • Membuat keputusan perlahan melalui konsensus, dengan hati – hati mempertimbangkan semua kemungkinan implementasikan dengan cepat
  • Mengembangkan pemimpin yang menjiwai dan menjalankan filosofi
  • Menciptakan proses yang ” Mengalir ” untuk mengungkapkan masalah
  • Menghormati, kembangkan dan tentang orang – orang dan tim anda
  • Menggunakan ”sistem tarik” untuk menghindari production yang berlebihan
  • Melakukan standarisasi pekerjaan untuk peningkatan bekelanjutan
  • Menggunakan alat kendali visual sehingga tidak ada masalah yang tersembunyi
  • Menggunakan hanya teknologi yang handal dan benar – benar teruji
  • Melakukan challege atau tantangan
  • Membuat keputusan manajement berdasarkan filosofi jangka panjang, bahkan dengan mengorbankan tujuan keuangan jangka pendek

Prinsip Toyota Way